RENTAL KAMERA

Cara format memori kamera DSLR

Cara format memori kamera DSLR - Ketika kita membeli SD card baru, kita bisa memasukkannya ke dalam kamera dan langsung menggunakannya. Akan tetapi, yang harus pertama kali dilakukan adalah memformat SD card tersebut terlebih dahulu menggunakan kamera. Proses tersebut memungkinkan kamera untuk menyiapkan memory card agar bisa menyimpan hasil pengambilan gambar. Sebagaimana memformat hard disk pada komputer, format pada memory card berfungsi supaya kamera dapat mengenali memory card tersebut. Mungkin ada memory card yang bisa digunakan tanpa di-format terlebih dahulu, tetapi kemungkinan terjadi kegagalan penyimpanan akan lebih besar.




Kebiasaan yang sering saya lakukan, saya selalu memformat memory card baru atau memory card yang sebelumnya digunakan pada kamera lain. Saya juga sering memformat ulang memory setelah memindahkan isinya ke komputer sebelum memulai sesi pengambilan foto lagi. Ingat, selalu format memory card menggunakan kamera, bukan dengan komputer. Format menggunakan komputer dapat membuat memory card tidak dikenali oleh kamera. Hal lain yang harus diperhatikan adalah panduan penggunaan memory card dari pabrik pembuatnya, terutama mengenai kelembaban dan cara memegangnya.

Pada kamera Canon EOS 1100D,1200D,1300D,600D DST, memformat memory card dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Masukkan memory card pada kamera.
  2. Tekan tombol Menu dan pilih menu Setup pertama (keempat dari kanan).
  3. Pilih Format dan tekan tombol Set (Gambar 1).
  4. Muncul layar Format, pilih OK (Gambar 2). Kamera akan memperingatkan bahwa semua data di dalam memory card akan hilang, jadi pastikan semua file telah dipindah terlebih dahulu ke komputer atau media lainnya.
  5. Pilih OK untuk melakukan format.

Dengan Rebel kita juga bisa melakukan sesuatu yang disebut dengan Low-Level Formatting, yang melakukan format pada memory card dengan cara yang lebih intensif. Selama proses tersebut, kamera akan memformat semua sektor penyimpanan pada memory card. Prosesnya memakan waktu lebih lama daripada format normal, sehingga tidak perlu melakukannya setiap kali memformat memory card. Kita hanya perlu melakukan ini jika kinerja memory card mulai melambat. Untuk melakukannya centang pilihan Low-Level Formatting.


Produk Lainnya